Published On: Sen, Mar 27th, 2017

Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Secangkir Kopi yang Nikmat?

d

Jalaon.com – Dalam membuat secangkir kopi yang enak dan nikmat, maka tidak sembarang cara yang dilakukan untuk menyeduh minuman hitam ini. Jika anda membuat kopi dengan cara yang asal, maka rasa kopi yang dihasilkan juga akan menjadi asal – asalan dan tidak konsisten.

Untuk menyeduh kopi yang enak, banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti kebersihan air, suhu air, dan juga kebersihan alat yang digunakan untuk menyeduh secangkir kopi itu sendiri.

Dari hasil rangkuman tim Lifestyle Jalaon, kami akan berikan tips kepada anda hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat secangkir kopi agar rasanya lebih nikmat.

 

1. Kebersihan air

Kebersihan air ini sangat penting anda perhatikan, karena 95 persen kopi yang anda minum adalah terbuat dari air. Maka gunakanlah air yang bersih, mengandung mineral dan tidak berbau.

 

2. Kebersihan alat

Selain air, peralatan yang anda gunakan untuk menyeduh kopi juga harus dipastikan dalam keadaan bersih, karena jika masih ada tersisa residu dari pembuatan kopi sebelumnya pada alat tersebut, maka akan mempengaruhi hasil akhir rasa kopi. Cucilah peralatan dengan sabun cair food grade dan siram dengan air panas.

 

3. Rasio kopi dan air

Ini juga tidak kalah penting, jika anda tidak memperhatikan rasio atau takaran kopi dan air, maka kopi yang anda buat tidak akan mengeluarkan rasa yang maksimal dan juga tidak memiliki rasa yang konsisten. Rasio kopi yang umum digunakan adalah 1:15 yang artinya setiap anda membuat kopi 10 gram, air yang anda gunakan adalah 150 ml.

 

4. Suhu air

Suhu air yang pas untuk membuat kopi adalah antara 90 – 96 derajat celcius, jika anda membuat kopi dengan melebihi suhu tersebut, maka akan merusak rasa kopi dan rasa kopi menjadi burnt.