Published On: Jum, Jul 21st, 2017

Hal ini Bisa Membantu Memperlancar Proses Persalinan

Jalaon.com – Proses persalinan memang sebuah momen yang menegangkan dan menyakitkan bagi seorang wanita walaupun ada beberapa orang yang dapat dengan tenang dan rileks saat melakukan proses persalinan.

Bagi wanita yang merasa tegang dan takut saat melakukan proses persalinan, ada sebuah metode yang dinamakan Water Birth, dimana metode tersebut dilakukannya proses persalinan di dalam air, tujuannya adalah untuk meringankan rasa sakit dan menghadirkan rasa tenang. Namun metode ini sangat tidak dianjurkan oleh Ikatan Bidan Indonesia.

Pada dasarnya ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghadirkan ketenangan dan mengurangi rasa sakit saat melahirkan, yaitu dengan meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh.

Cara meningkatkan hormon oksitosin bisa dilakukan dengan cara memberikan dukungan secara psikologis dari orang terdekat atau keluarga, maka saat orang terdekat mendampingi proses persalinan dan memberikan dukungan, disaat yang sama hormon oksitosin dalam tubuh pun meningkat. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Emi Nurjasmi dalam acara puncak hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia pada Rabu (19/7/2017) di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat.

“Melalui kenyamanan dan dukungan psikologis produksi hormon oksitosin dapat meningkat yang membantu kelancaran proses kelahiran. Hal ini dapat menstimulasi ibu untuk melahirkan secara optimal,” jelasnya.