Published On: Sen, Apr 3rd, 2017

Harga Cabai Rawit Turun Drastis

d

Jalaon.com – Setelah beberapa bulan yang lalu harga cabai sempat melonjak, hingga per hari ini harga cabai mulai berangsur turun. Terutama yang mengalami penurunan harga secara drastis adalah cabai rawit merah, yaitu dijual dengan harga 70 ribu per kg yang sebelumnya masih 140 – 150 ribu per kg.

Hal ini disampaikan oleh salah satu pedagang yang ada di pasar Grogol, Jakarta Barat yang bernama Asih.  Ia mengatakan bahwa sebelumnya harga cabai melampaui harga daging sapi.

“Sebelum akhir tahun, harganya Rp 140 ribu-Rp 150 ribu per kg. Mahal cabai daripada daging sapi. Tapi harga ini turun bertahap dan sekarang dijual Rp 70 ribu per kg untuk cabai rawit merah. Jadi turunnya bisa Rp 70 ribu-Rp 80 ribu,” katanya, Senin (3/4/2017).

Selain cabai rawit merah, cabai rawit hijau juga mengalami penurunan sebesar separuh harga, dimana pada pekan lalu masih menyentuh harga 80 ribu per kg, hari ini turun menjadi sekitar 40 ribu per kg.

Asih mengatakan harga cabai turun drastis dikarenakan para petani cabai berhasil panen sehingga stok menjadi banyak dibandingkan dengan permintaan.

“Penurunan harga cabai, terutama cabai rawit merah disebabkan karena pasokan di Pasar Induk Kramat Jati sudah banyak. Panen bikin stok cabai banyak dan saya beli di sana harganya Rp 50 ribu, ditambah ongkos penyusutan, transportasi, maka dijual Rp 70 ribu per Kg,” kata Asih.