Published On: Rab, Jul 5th, 2017

Hari Ini Jokowi Terbang ke Turki Temui Erdogan

Jalaon.com – Presiden RI Joko Widodo hari ini akan dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki untuk membahas kerjasama antara Turki dan Indonesia, salah satunya yaitu penanggulangan aksi terorisme.

Jokowi akan langsung bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan dalam pertemuan bilateral. Selain membahas penanggulangan terorisme, Jokowi juga akan membahas terkait kerjasama dalam sektor perdagangan Indonesia ke Turki.

“Dalam kunjungan Presiden Jokowi nanti, kita akan meluncurkan negosiasi kita untuk Indonesia Turki Comprehensive Economy Partnership Agreement dengan usulan kita pertama mulai dari treet includes, perdagangan barang. Setelah itu baru kita mulai dengan perdagangan jasa dan lain-lain. Itu di bidang perdagangan,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 3 Juli 2017.

Retno mengataka bahwa selama ini hubungan perdagangan antara Turki dan Indonesia masih cukup berjalan dengan baik, dan tujuan lain dari pertemuan Jokowi dengan Erdogan adalah untuk memaksimalkan hubungan perekonomian Indonesia dengan Turki.

Selain itu, Retno mengatakan bahwa fokus tujuan dalam kunjungan kenegaraan tersebut adalah untuk membahas pemerangan terhadap aksi terorisme.

“Yang ketiga adalah untuk countring terorisme. Jadi itu yang akan menjadi isu fokus bahasan Presiden dalam rangka kunjungan kenegaraan ke Turki,” papar Retno.