Published On: Sen, Agu 22nd, 2016

Hasil Studi Baru, Bahaya Kesepian dan Manfaat Cinta

Fitrah manusia pada dasarnya adalah saling bertemu dan saling berjabat tangan. Kapan terakhir kali anda bertemu dan berbagi kabar dengan keluarga atau kerabat dekat anda?

Dijaman saat ini semakin mudah orang berbagi kabar melalui pesan, telepon atau bahkan sosial media, sehingga manusia tidak saling bertemu langsung.

Namun, apakah Anda pernah memikirkan apa yang sebenarnya diinginkan oleh orang-orang terdekat Anda? Apakah semua emoji dalam pesan singkat dapat menggantikan senyuman orang yang Anda cintai?

Sebuah survei menyatakan bahwa mayoritas orang akan lebih benar- benar merasa bahagia apabila bisa menghabiskan waktu dengan bertemu orang – orang tercintanya.

Sisanya menyatakan bahwa senang dikejutkan secara tiba-tiba, menerima perhatian dari pesan singkat, dan unggahan orang-orang terdekat di media sosial.

Para ilmuwan baru – baru ini menemukan hasil studi bahwa rasa cinta memiliki peran penting terhadap kesejahteraan fisik dan emosional seseorang.

Tahun 2013, dua orang ilmuwan bernama Dr. C. Sue Carter dan Dr. Stephen Porges menyatakan bahwa tanpa cinta, manusia akan gagal berkembang, walaupun mereka tercukupi semua kebutuhan hidupnya.

Cinta tidak hanya mengenai emosi saja, cinta juga merupakan sebuah sistem neurokimia yang kompleks. Hati manusia bergantung pada bahan kimia yang terkait dengan cinta sebagai bagian proses normal berlindung dan penyembuhan diri sendiri.

Molekul yang sama inilah memungkinkan Anda untuk memberi, menerima cinta, dan kebutuhan akan kesehatan serta kesejahteraan batin manusia.

Cinta juga dikatakan oleh para ilmuwan dapat memberikan dorongan hidup, dan mereka yang memiliki banyak cinta, akan lebih dapat bertahan dalam menghadapi stres, daripada mereka yang terisolasi dan kesepian.

Pada tahun 2016, artikel di Washington Post melaporkan bahwa kesepian dapat berdampak buruk bagi kesehatan yang berpotensi mematikan, sama seperti merokok dan obesitas.

Jadi, luangkanlah lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dan bertemu secara langsung dengan orang – orang tercinta anda dan katakan bahwa anda mencintai mereka.