Published On: Ming, Agu 21st, 2016

Hati-hati, Mengupil Picu Pendarahan Hidung

Jalaon.com – Semua orang pasti pernah mengupil, baik sengaja ataupun tanpa sadar. Walaupun terkesan jorok dan agak menjijikkan, tetapi menyimpan manfaat positif seperti membuang tumpukan kotoran sekaligus memperlancar aktifitas bernapas di lubang hidung.

Ketika masih kecil tidak masalah jika mengupil di depan umum dan dilihat banyak orang. Saat beranjak remaja justru dianggap aktifitas tak pantas, bahkan mengundang rasa malu jika tak sengaja terlihat orang lain ketika melakukannya. Meski menyimpan manfaat positif, ternyata ada sisi negatif dari mengupil yang dapat mengancam kesehatan seperti dilansir dari laman Mirror, Sabtu (20/08/2016).

Berhenti mengupil! Itulah saran Dr Erich Voigt saat berbicara via video Business Insider. Ia menjelaskan bahwa aktifitas ngupil mempermudah masuknya beragam jenis kuman penyakit ke hidung, salah satu yang patut diwaspadai adalah Staphylococcus aureus. Kuman tersebut bahkan mampu hidup di bagian terdepan hidung.

Keasyikan ngupil hingga memicu luka lecet justru menguntungkan Staphylococcus aureus untuk berkembang biak. Akibatnya fatal sampai terjadi pendarahan, jumlah kuman penyakit bertambah, iritasi dan kulit berkerak. Seberapa bersih atau kotor tangan yang digunakan untuk mengupil, efeknya sangat merugikan tubuh.

Dr Voigt mengatakan efek ngupil sangat berdampak buruk bagi anak-anak, malah berpotensi besar terjadi pendarahan hidung. “Anak kecil yang hobi ngupil paling berpeluang alami pendarahan hidung,” ucapnya.

“Suplai darah menuju hidung sangatlah kuat, ada sekitar lima arteri yang mengalir ke bagian terdepan hidung.

“Ketika ada luka lecet, maka kemungkinan besar terjadi pendarahan hebat. Anak-anak paling rentan mengalaminya dibanding orang dewasa,” tutupnya.

Banyak orang menganggap ngupil adalah aktifitas wajar. Boleh saja dilakukan asal tidak sampai ada luka lecet sedikitpun. Agar kuman tidak mudah menjangkiti lalu menimbulkan infeksi, cuci bersih tangan pakai sabun anti kuman diikuti pengolesan hand sanitizer. Jangan nekat memasukkan jari dengan kuku panjang yang lebih rentan mengakibatkan lecet.

Gunakan cotton buds yang terpasang gulungan kapas pada dua ujungnya untuk aktifitas ngupil aman tanpa potensi terluka. Sedangkan waktu paling tepat pada saat atau sesudah mandi.