Published On: Sen, Apr 10th, 2017

Hindari Kesalahan yang Sama, Mendikbud Perintahkan Soal UNBK Beresolusi Tinggi

d

Jalaon.com – Naskah ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun sebelumnya pernah mengalami masalah ketika melakukan pengoreksian melalui aplikasi komputer dikarenakan ada beberapa gambar yang tidak dapat terbaca karena resolusi gambar rendah. Akibat dari hal tersebut membuat beberapa siswa di SMK mengharuskan untuk melakukan ujian ulang.

Untuk menghindari kegagalan yang sama pada saat itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memerintahkan agar soal UNBK selanjutnya menggunakan gambar yang beresolusi tinggi.

“Dari 13 dari 170 mata uji untuk SMK, di situ ada soal berupa gambar dan foto memerlukan resolusi tinggi komputer di beberapa sekolah tidak bisa,” ujar Muhadjir di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 9 April 2017.

Muhadhir sangat menyesalkan atas terjadinya kegagalan soal tersebut, dan ia telah meminta maaf atas kesalahan yang telah terjadi. “Saya meminta maaf kepada siswa yang kemarin terpaksa gagal kemarin,” katanya.

Muhadjir mengatakan bahwa kegagalan dalam soal UNBK tersebut karena masih ada beberapa pihak sekolah yang masih menggunakan komputer yang ber spesifikasi rendah, sehingga tidak dapat membaca gambar yang tertera pada soal ujian.

“Komputer tidak sesulit cetak, kalau cetak setelah dicetak tidak mungkin diganti, kalau komputer tinggal membuat,” katanya.