Hindari Makanan & Minuman Ini Sebelum Naik Pesawat

Hindari makanan ini sebelum ikut penerbangan jarak jauh

Jalaon.com – Pernahkah anda merasa gembung dan lesu usai menempuh penerbangan jarak jauh? Berada di kabin pesawat ketinggian 30.000 kaki bukan tempat ideal bagi manusia. Hasil studi menyebutkan bahwa ketinggian tertentu di atas permukaan laut dapat memperlebar gas di dalam tubuh, sehingga memicu kembung dan sakit perut yang tak menyenangkan.

Semua perasaan gelisah, perut tak nyaman bisa dicegah dengan menghindari makanan tertentu sebelum dan selama penerbangan sebagaimana dilansir dari laman mirror.co.uk, Jumat (19/08/2016).

1. Kacang panggang.
2. Buncis.
3. Brokoli.
4. Lentil.
5. Minuman berkarbonasi.
6. Permen karet.

Bukan hanya daftar makanan dan minuman di atas yang patut dihindari. Calon penumpang wajib mengatasi godaan kuliner di sekitar bandara. Hindari gorengan dan makanan berminyak, apalagi menu andalan restoran cepat saji. Semua itu memperberat kinerja sistem pencernaan dan mengakibatkan mulas serta gangguan pencernaan. Pada akhirnya merasa kurang nyaman selama penerbangan jarak jauh.

Tentu menyenangkan bisa menegak segelas minuman bersoda atau kafein sebelum perjalanan. Akan tetapi jangan pernah menegak satupun jenis minuman beralkohol. Hasil penelitian menyebutkan bahwa perpaduan antara alkohol dan kelembaban rendah di kabin pesawat bakal menekan daya tahan tubuh. Akhirnya mudah terserang kuman penyebab flu dan demam, tubuh lebih gampang jatuh sakit.

Tubuh perlu menerima asupan 250ml air setiap satu jam selama penerbangan. Tekanan dalam kabin dan udara kering dapat mengurangi kelembaban kulit. Cara terbaik menjaga kelembaban kulit secara alami yaitu minum banyak air putih.

Lalu, jenis makanan dan minuman apa saja yang aman untuk penerbangan jarak jauh? Disarankan mengkonsumsi aneka jenis masakan dari sayuran. Selain banyak minum air putih, coba cicipi segelas teh herbal. Untuk pilihan terakhir, anda boleh membawanya sendiri dan tinggal meminta segelas air panas kepada pramugari.

Teh herbal seperti adas dan pepermin sangat baik untuk pencernaan, jahe meringankan mual dan mabuk udara, sedangkan kamomil membuat tubuh lebih santai. Dengan menghindari larangan dan mengikuti anjuran, maka perjalanan jarak jauh terasa lebih menyenangkan meski harus duduk lebih lama di kabin pesawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here