Published On: Rab, Jul 5th, 2017

Ibu Kota RI akan Dipindahkan ke Kalimantan pada 2018

Jalaon.com – Pada tahun – tahun sebelumnya telah ada wacana untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia, Jakarta ke Kalimantan, namun ini bukan hanya sekedar wacana melainkan telah ditargetkan oleh pemerintah untuk merealisasikannya di tahun 2018 mendatang.

Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa di tahun 2017 ini pemerintah menargetkan untuk menuntaskan kajian terkait pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan agar bisa di realisasikan pada tahun depan.

“Kajian (pemindahan) ditargetkan selesai 2017, dan persiapannya dimulai pada 2018,” kata Bambang.

Bambang juga menjelaskan apa saja keuntungan yang diperoleh RI apabila Ibu Kota resmi dipindahkan ke Kalimantan, salah satunya yaitu akan mendapatkan lahan pertumbuhan baru di Indonesia.

“Keuntungannya perbaikan kesenjangan di Jawa dan luar Jawa, serta menciptakan pusat pertumbuhan baru,” katanya di Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Walaupun Ibu Kota RI akan dipindahkan di Kalimantan, Bambang mengatakan Jakarta akan tetap menjadi tempat pusat perekonomian, bisnis dan keuangan, ia mengkaji dari pengalaman yang dilakukan oleh negara – negara maju yang lain.

“Jakarta tetap jadi pusat ekonomi, bisnis, dan keuangan. Sedangkan ibu kota baru di Kalimantan jadi pusat administrasi pemerintahan. Seperti New York dan Washington DC di AS, serta Brazilia dan Sao Paulo di Brasil” paparnya.

Sebelumnya, pemerintah telah memiliki wacana Ibu Kota akan dipindahkan di kota Palangkaraya, Kalimantan, namun Bambang menjelaskan bahwa saat ini target kota masih dalam tahap pengkajian.

“Belum diputuskan,” jelasnya.