Published On: Rab, Agu 24th, 2016

Ingin Nge-Game Yang Menyehatkan? Yuk Main Pokémon Go

Jalaon.com – Kehadiran aplikasi mobile Pokémon Go telah membuat sejumlah peneliti penasaran dan rela habiskan waktu mencari manfaat kesehatan dari keseruan memainkan game berbasis Augmented Reality (AR) tersebut.

Hasil studi mengungkapkan bahwa Pokémon Go merangsang para pemain lebih banyak beraktifitas fisik ketimbang game yang hanya membuat pemain duduk diam tanpa sedikitpun bergerak kesana-kemari. Peneliti justru mengkategorikan game menangkap monster itu sebagai “exergame” alias permainan olahraga, gabungan dua kata antara exercise (olahraga) dan game (permainan).

“Kami mengkategorikannya sebagai exergame. Masih banyak yang harus kami pelajari,” ungkap Tom Baranowski, Professor Pediatri dari Baylor College of Medicine di Texas, Amerika Serikat, seperti dilansir dari laman Gizbot, Selasa (23/08/2016).

Kombinasi teknologi AR, geocaching dan cerita novel fantastik telah menciptakan video game aktif inovatif yang berdampak positif bagi kesehatan personal dan umum, itulah catatan tambahan dari hasil studi.

Tim peneliti sukses mengidentifikasi banyak pelajaran penting dari bermain Pokémon Go dimana pemain dirangsang terus menggerakkan fisik untuk mengejar lalu menangkap monster Pokemon yang muncul di layar smartphone.

“Para developer game mungkin bisa memakai informasi ini untuk menciptakan permainan baru yang seru sekaligus mempromosikan manfaat dari beraktifitas fisik,” ungkap penulis yang muncul pada situs Games for Health Journal.

Pokémon Go memakai layanan GPS untuk melacak lokasi pemain dan menaburi beragam jenis monster di lokasi tertentu yang terpantau langsung via layar smartphone. Monster yang tertangkap nantinya bisa dilatih untuk melawan pemain lain.

Popularitas game berbasis teknologi AR telah memecahkan banyak rekor. Pemakaian harian dua kali lebih banyak ketimbang aplikasi Facebook di Android, bahkan peluncuran di minggu pertama sukses mengalahkan rekor Apple sewaktu merilis iOS app store sekitar delapan tahun silam.

Pada minggu pertama peluncuran, pemain Pokemon GO habiskan waktu sekitar 75 menit per hari, jauh mengalahkan aplikasi Facebook yang cuma sekitar 35 menit per hari. Game berbasis AR itu sudah menjadi aplikasi mobile paling banyak di-download pada minggu pertama rilis dalam sejarah toko aplikasi (app store).