Published On: Rab, Mar 29th, 2017

Ini 3 Cara Pemerintah untuk Menjadi Negara Industri Dunia

d

Jalaon.com – Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih mengupayakan dengan maksimal agar negara Indonesia dapat keluar dari zona negara berkembang dan menjadi negara maju yang memiliki pendapatan menengah keatas.

Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Struktr Industri, Kementerian Perindustrian Ngakan Timur Antara mengatakan bahwa untuk menjadi negara yang maju dan berpendapatan menengah keatas, diperlukan setidaknya tiga tahap pemetaan fokus untuk pertumbuhan Industri yang telah dibuat oleh Kemenperin.

“Dari tiga fokus itu, ujungnya di 2035 Indonesia akan menjadi negara industri yang tangguh,” kata Ngakan ‎dalam diskusi ‘GLobal Trade Opportunity Vs Trumponomics: Indonesia Inc Strategic COmpotitiveness di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Berikut inilah daftar tiga fokus pemetaan untuk pengembangan industri di Indonesia :

Pertama : Tahun 2015-2018 pemerintah fokus untuk mengembangkan SDM pada sektor industri dengan cara meningkatkan pendidikan vokasi.

Kedua : Tahun 2018-2024 pemerintah akan fokus untuk meningkatkan daya saing industri dalam negeri di dunia industri internasional dengan cara mengembangkan industri hilir di Indonesia.

Ketiga : 2025-2035 fokus untuk meningkatkan kualitas produk serta inovasi produk dalam berbagai bidang industri.

Ngakan menilai dengan pemerintah melakukan ketiga fokus pemetaan diatas dengan maksimal, maka pada tahun 2035, Indonesia akan menjadi negara industri yang dikenal secara internasional..

“Di 2035 nantinya jumlah pekerja di sektor industri ini menjadi 29,2 juta dan kontribusi sektor industri terhadap ekspor bisa mencapai 78,4 persen,” jelas Ngakan.