Published On: Ming, Agu 14th, 2016

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Bangun Pagi

Orang yang membiasakan diri untuk tidur lebih awal dan bangun lebih awal, dipastikan akan lebih sehat ketimbang orang yang memiliki kebiasaan tidur larut malam dan bangun siang.

Bersiaplah bangun lebih pagi, karena Anda akan mendapatkan sejuta manfaat dari kebiasaan ini. Apa saja yang bisa kita dapatkan jika bangun pagi?

 

Udara segar

Nikmati udara pagi yang segar dan tidak terlalu banyak terpolusi. Hirup dalam-dalam untuk menyuplai oksigen ke otak. Dengan suplai oksigen yang mencukupi, otak akan bekerja lebih baik.

Pada pagi hari, menjelang fajar menyingsing, udara masih mengandung gas ozon yang baik untuk mencegah kerusakan paru-paru, menyumbatan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, terapi diabetes, asma, alergi, penyakit jantung, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik.

 

Paparan sinar matahari yang menyehatkan

Cahaya matahari pagi yang hangat sangat penting untuk tubuh. Sinar mentari pagi kaya vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan memperoleh matahari pagi, Anda bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu, matahari pagi juga baik untuk kesehatan kulit karena tidak mengandung sinar ultraviolet yang bisa memicu kanker kulit.

 

Kerja otak lebih maksimal

Pagi hari adalah saatnya otak bisa bekerja lebih optimal. Di pagi hari, otak memproduksi hormon yang membuat daya ingat lebih tajam. Hormon tersebut memperbaiki kuantitas, kualitas dan daya guna sel-sel otak dengan cara meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak. Hal itu membuat sel-sel syaraf di otak bisa menangkap informasi lebih cepat dan menyimpannya lebih lama.

 

Mengusir stres

Kesegaran udara pagi, hangatnya matahari dan suasana yang masih cukup tenang membuat mood lebih baik. Dengan menikmati suasana pagi yang segar, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik. Sehingga Anda bebas stres dan lebih semangat menghadapi tantangan hari itu.

 

Meningkatkan kualitas tidur

Jika anda terbiasa bangun lebih awal, maka Anda akan terbiasa untuk tidur lebih awal. Selain itu, bangun pagi juga akan meningkatkan kualitas tidur Anda, lho. Rutinitas ini akan mengubah gaya hidup Anda dan mengurangi resiko penyakit berbahaya.

Segeralah bangun pagi dan menikmati waktu damai!