Ini Dampak dari Tidur Setelah Sahur

IMG_20170602_163148

Jalaon.com – Saat bulan Ramadhan tiba, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan. Makan sahur menjelang subuh merupakan suatu keharusan untuk dilalukan agar tubuh menjadi tahan selama satu hari tidak makan dan minum.

Namun, seringkali yang menjadi masalah bagi kebanyakan orang adalah langsung memutuskan untuk tidur setelah selesai makan sahur. Padahal jika kebiasaan ini dipertahankan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari FKUI/RSCM Dr. dr. Ari Fahrial Syam dalam siaran pers mengatakan bahwa langsung tidur setelah makan sahur akan memicu timbulnya penyakit asam lambung dan juga gangguan saluran pencernaan.

“Ada sebagian orang muslim yang langsung tidur setelah sahur.┬áHal ini dapat menyebabkan asam lambung balik arah kembali ke kerongkongan yang pada akhirnya bisa menyebabkan masalah pada saluran cerna atas mereka,” kata dr. Ari Fahrial.

Selain itu, dr. Ari juga menjelaskan bahwa kebiasaan tersebut juga akan memicu penyakit ringan yang lain, seperti┬ásuara serak, radang tenggorokan, batuk kering kronis. Walaupun penyakit tersebut tidak begitu bahaya, akan tetapi penyakit – penyakit tersebut dapat memicu munculnya penyakit lain atau komplikasi.

Dr. Ari menyarankan agar seluruh umat muslim yang berpuasa, agar tidak langsung menuju tempat tidur kembali setelah selesai makan sahur. Minimal setidaknya diberikan jedah waktu dua jam setelah makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here