Published On: Jum, Agu 19th, 2016

Inilah Alasan Kenapa Kaki dan Ketiak Gampang Geli

Seperti yang kita pahami selama ini, bahwa bagian tubuh paling mudah geli adalah bagian ketiak dan kaki. Kenapa dua bagian ini paling sensitif dan tidak tahan jika digelitik atau disentuh?

Beberapa orang mungkin memiliki bagian sensitif yang berbeda, karena pada titik tersebut menghasilkan refleks geli dengan tingkat yang bervariasi atau bahkan tidak sama sekali. Seseorang mungkin memiliki daerah sensitif dimana orang lain tidak merasakan apapun, begitu juga sebaliknya.

Telapak kaki dan ketiak adalah dua anggota tubuh yang paling sensitif bagi kebanyakan orang. Hal ini karena pada telapak kaki memiliki konsentrasi Meissner’s corpuscles yang lebih tinggi. Ujung dari saraf ini akan membuat telapak kaki memiliki kadar geli yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya, seperti dikutip dari health.

Biasanya tempat yang paling geli adalah tempat yang sangat rentan terhadap serangan, setidaknya di sekitar bagian atas tubuh. Pada bagian ketiak itu terdapat pembuluh darah dan arteri, yang memungkinkan akses leluasa ke jantung karena tulang rusuk sangkar tidak lagi memberikan perlindungan kepada rongga dada di sekitar ketiak.

Hal tersebut juga sama dengan bagian tubuh yang lain, misal saja leher juga merupakan bagian tubuh yang mudah geli. Hal tersebut juga karena tidak ada perlindungan dari tulang, maka secara otomatis seseorang akan bereaksi ketika daerah tersebut disentuh oleh orang lain. Sebagai tambahan, saraf reseptor yang dekat dengan permukaan kulit akan membuat sensitifitasnya makin tinggi.

Peneliti juga menunjukkan bahwa cerebellum (otak kecil), yang merespons sentuhan akan menunjukkan aktivitas yang lebih saat diberi sentuhan yang mendadak dibandingkan dengan sesuatu yang telah disadari sebelumnya. Jika otak sudah bisa mengenali atau mengantisipasi sentuhan yang akan datang, hal ini akan membuat saraf respons tidak terlalu intens. Itulah kenapa seseorang tidak merasa geli ketika menggelitik bagian tubuhnya sendiri.