Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Malam Sebelum Pukul 19.00

Pada era saat ini, semakin banyak orang yang mengeluhkan penyakit asam urat, diabetes ataupun obesitas. Semua penyakit itu muncul karena pola makan yang tak sehat. Makanan tidak sehat yang dicerna dengan tidak sempurna, tentu saja mampu menyebabkan gangguan pencernaan tersebut.

Salah satu jam makan yang rentan membahayakan kesehatan pencernaan adalah jam makan malam. Terutama jika kamu mengonsumsi makanan yang berat sebagai menu makan malam. Padahal beberapa jam kemudian, semua sistem dalam tubuhmu berhenti bekerja saat kamu tidur. Untuk itulah ternyata makan malam yang dilakukan awal bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat makan malam lebih awal yang wajib untuk kamu ketahui, seperti yang dilansir dari boldsky.com,

 

Menghindari kenaikan asam lambung

Jika kamu makan makanan berat sebelum tidur, maka kamu akan merasa tidak nyaman saat berbaring di tempat tidur. Selain itu, asam lambung juga akan naik dan menyebabkan rasa seperti terbakar di hatimu. Disarankan kamu mengkonsumsi sayuran dan buah saja sebagai menu makan malam.

 

Memberikan waktu lebih lama untuk mencerna makanan

Salah satu keuntungan untuk makan malam lebih awal adalah kamu memberikan waktu yang lebih lama agar makanan bisa dicerna dengan baik. Karena saat kamu tidur, proses pencernaan makanan tidak sempurna dan menjadikan serangkaian masalah pencernaan pun muncul.

 

Menghindari obesitas

Para peneliti menunjukkan bahwa waktu makan malam dan obesitas sangatlah berkaitan. Hal ini terjadi karena sistem pencernaan tubuh tidak berjalan dengan sempurna saat malam hari dan sistem metabolisme cenderung melambat. Sehingga jika kamu makan malam lebih awal maka kamu bisa terhindar dari obesitas.

 

Mengurangi kecenderungan makan berlebih

Salah satu alasan kenapa kam harus makan malam lebih awal adalah kamu dapat mengurangi kecenderungan untuk makan secara berlebihan. Sebab jarak antara makan siang dan makan malam kamu tidak terlalu lama, sehingga kamu tidak merasa terlalu lapar di malam hari dan tentu saja porsi makan malam pun tidak terlalu banyak, dengan demikian sistem pencernaan pun terkontrol.

Malam hari adalah waktu sistem pencernaan untu beristirahat, jadi jangan beratkan pekerjaan usus anda untuk mencerna makanan berat saat malam hari menjelang tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here