Published On: Ming, Mei 6th, 2018

Inilah Alasan Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan

Jalaon.com – Menurut sebuah penelitian ternyata tidur mampu menurunkan berat badan. Dikutip dari berbagai sumber ternyata tidur bisa membantu mengontrol hormon rasa lapar dalam kondisi seimbang. Dalam tubuh kita terdapat dua hormon yang berhubungan dengan rasa lapar, yakni hormon leptin dan ghrelin. Leptin merupakan hormon yang akan memberikan sinyal kenyang pada otakmu. Sedangkan hormon ghrelin merupakan hormon yang memberikan sinyal kapan kamu butuh makan. Ghrelin juga membantu tubuhmu untuk berhenti membakar energi dan segera menyimpannya sebagai lemak.

“Beristirahat dengan baik akan memberikan kesempatan kepada hormon kita untuk mengatur ulang siklusnya sehingga bisa bekerja dengan baik di pagi hari,” jelas Lisa Samuel, pendiri The Happie House. “Jika hormon-hormon ini bekerja dengan baik, maka akan membuat kita makan dengan penuh kesadaran (tidak berlebihan sampai menimbulkan kenaikan berat badan).”
Selanjutnya, tidur juga bisa mengontrol hormon stress dalam tubuh sehingga mencegah untuk ngemil di malam hari. Ketika anda begadang, hormon kortisol akan meningkat tajam. Kortisol sendiri merupakan hormon stress yang membantu mengontrol gula darah dan membantu fungsi-fungsi metabolik. Peningkatan kadar kortisol akan memberikan sinyal pada otak bahwa ia membutuhkan lebih banyak energi untuk beraktivitas. Akibatnya, kamu mungkin akan tiba-tiba ingin ngemil makanan ringan dan yang manis-manis. Ini yang nantinya bisa membuat berat badanmu naik ketika kurang tidur.

Tidak hanya itu, tidur pun bisa membantu menyeimbangkan gula darah dalam tubuh. Jika sudah seimbang, maka itu akan menghindarkan dari timbunan lemak yang membuat berat badan meningkat drastis.

“Tidur bisa membantu tubuh memiliki sensitifitas insulin yang normal,” jelas Dr. Nate Watson, direktur dari University of Washington Medicine Sleep Clinic. “Jadi, tubuh bisa memproses glukosa secara efektif dan menghindari menyimpannya sebagai lemak.”

Terakhir, dengan punya waktu tidur yang cukup, anda bisa memulihkan kondisi tubuh. Saat tidur, anda pastinya tidak akan mengonsumi makanan dan minuman. Keadaan tersebut membuat tubuh beristirahat.