Published On: Ming, Agu 21st, 2016

Inilah Efek Mengerikan Jika Terlalu Sering Mengunyah Es Batu

Minuman es pastilah menyegarkan, apalagi pada saat cuaca panas akan sangat melegakan tenggorokan. Namun apakah kamu salah satu orang yang doyan mengunyah es batu ketika meminum es? Orang yang doyan mengunyah es batu biasanya diawali hanya untuk mengusir rasa bosan atau punya sensasi tersendiri.

Namun, kebiasaan tersebut ternyata dapat menimbulkan beberapa efek yang buruk untuk tubuh dan gigi. Nah, berikut ini adalah efek buruk dari keseringan makan atau mengunyah es batu.

 

1. Gigi rusak

Gigi akan rusak jika Anda terlalu sering mengunyah es batu. Lapisan enamel gigi Anda akan terpengaruh dari rasa dingin dan dapat menyebabkan permasalahan gigi lainnya. Baik itu nyeri, rapuh pada gigi, sampai sakit gusi yang sangat menyiksa, bahkan gusi bengkak.

 

2. Defisiensi zat besi

Pada beberapa orang, kekurangan zat besi juga bisa membuat mereka mengunyah es. Jika memang hal itu terjadi, lebih baik memastikan zat besi cukup melalui diet untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

 

3. Mengganggu metabolisme tubuh

Makan es batu setiap hari dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menghambat pembakaran lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi es secara berlebih dapat membekukan lemah yang ada dalam aliran darah. Akibatnya, aliran darah terganggu, proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh juga terganggu

 

4. Membuat perut buncit

Mengkonsumsi es terutama setelah makan dapat membuat usus dalam perut kita menyempit. Menyempitnya usus tersebut dapat menghambat kinerjanya dalam mencerna makanan yang masuk, akibatnya perut menjadi buncit.

 

5. Tubuh lemah

Beberapa orang yang ingin mengendalikan nafsu makan makanan ringan adalah dengan mengunyah es batu. Karena dapat menghilangkan nafsu makan. Namun jangan salah, selain berat badan menjadi turun, tubuh Anda akan lemas dan tak bertenaga.