Inspeksi Pasar oleh Pemerintah tak Jamin Mampu Berantas Mafia Pangan

Jalaon.com – Intervensi yang dilakukan oleh pemerintah kepada para pedagang komoditas pangan berupa Harga Ecer Tertinggi (HET) masih belum juga mampu memberantas para mafia pangan yang cenderung memainkan harga ketika bulan Ramadhan tiba.

Namun, dengan adanya intervensi dan inspeksi dari pemerintah setidaknya mampu mengurangi jumlah para spekulan dan memberikan dampak terhadap stabilnya harga pangan.

Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Imaduddin Abdullah menilai bahwa salah satu faktor kenaikan harga pangan tersebut dipengaruhi oleh banyaknya permintaan dari konsumen ketika bulan Ramadhan dan menjelang lebaran.

“Bukan karena masyarakat ingin mengonsumsi makan lebih banyak ketika Lebaran. Tapi karena dipersepsikan oleh masyarakat bahwa harga bahan kebutuhan pokok menjelang Lebaran itu naik, jadi ekspektasinya naik. Sehingga orang cenderung untuk beli dulu, untuk mengamankan,” kata Abdullah¬†di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Abdullah menilai bahwa meskipun pemerintah sudah melakukan intervensi dan inspeksi pasar, bukan berarti sudah tidak ada lagi mafia komoditas pangan yang berani memainkan harga.

“Pasti ada saja yang ingin meraup untung sebesar-besarnya dengan segala cara,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here