Jika Jarang Olahraga, 5 Kondisi Ini Dapat Anda Alami

Olahraga adalah sangat penting untuk dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh dan fungsi organ tubuh agar senantiasa terpelihara dengan baik.

Namun tahukah Anda saat tubuh tak pernah olahraga akan berakibat apa? Mengutip laman Metro.co.uk, ditulis Rabu (17/8/2016) sederet kondisi kesehatan ini akan dialami mereka yang tidak pernah berolahraga.

 

1. Disfungsi seksual

Baik pria maupun wanita yang jarang atau tidak pernah berolahraga akan berpotensi untuk mengalami disfungsi seksual. Sebab otot-otot tubuh tidak terlatih dan stamina akan merosot.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa pria yang berolahraga lebih memiliki ereksi dan fungsi seksual yang lebih baik. Dan orang-orang yang setidaknya menghabiskan dua jam latihan fisik setiap minggu akan lebih baik dan kuat di ranjang.

 

2. Mudah Depresi

Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah di laporkan pada American Journal of Preventive Medicine tahun 2013 menyebutkan bahwa salah satu dampak dari kurangnya berolahraga adalah depresi. Para peneliti sudah melakukan penelitian kurang lebih pada 30 studi, dan sebanyak 25 studi menyebutkan bahwa orang yang tidak membiasakan berolahraga cenderung lebih mudah depresi.

Perasaan tertekan dan khawatir akan terus menghantui jika anda tidak melakukan olahraga Oleh sebab itu cara mencegah depresi bisa dengan cara olahraga, anda harus mengenali ciri ciri depresi  sehingga ketika anda merasakannya anda harus bisa mengubah gaya hidup anda.

 

3. Beresiko Mengalami Patah Tulang

Mereka yang tidak biasa melakukan aktivitas olahraga, juga akan lebih mudah terkena patah tulang. Pasalnya tulang tulang yang semakin tua, maka kemampuan dan daya elastisitasnya sudah berkurang. Akhirnya kepadatannya juga berkurang.

Maka ketika mereka terjatuh, proses penyembuhan antara orang yang biasa melakukan olahraga dengan yang tidak pernah melakukan olahraga cenderung lebih cepat sembuh mereka yang biasa melakukan olahraga. Selain itu, yang tidak pernah melakukan olahraga, kekuatan tulangnya lebih kurang. Maka jika terkena sesuatu atau terbentur sedikit, akan lebih mudah patah.

 

4. Pola tidur buruk

Berolahraga adalah salah satu tips untuk individu yang berjuang untuk mendapatkan tidur nyenyak. Pada tahun 2005, peneliti mengungkap setidaknya 150 menit latihan fisik dalam seminggu mampu membantu orang untuk mudah tidur.

 

5. Beresiko Terkena Penyakit Jantung

Membiasakan untuk hidup sehat dan sering berolahraga memang sangat di butuhkan dan baik untuk tubuh. Maka bahagialah mereka yang sudah membiasakan kebiasaan ini selama sehari hari. Sebab mereka yang tidak melakukan olahraga, akan lebih mudah terkena penyakit mematikan misalnya terkena serangan jantung. Ini berkaitan dengan tekanan darah yang sering tidak terkontrol karena pola hidup yang kurang sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here