JK : Baiknya, Kasus Novel Baswedan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Polri

Jalaon.com – Beberapa pihak telah menyarankan kepada Presiden Jokowi agar segera memerintahkan membentuk tim khusus pencari fakta untuk bisa mengungkap kasus penyerangan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan karena dinilai upaya yang dilakukan oleh Polri terlalu lamban.

Mengutip laman Antara, Pengamat hukum Universitas Bung Karno Azmi Syahputra juga memberikan saran yang sama agar segera dibentuk tim pencari fakta agar bisa membantu pihak Polri.

“Perlu tim yang independen agar kepolisian dapat lebih objektif dan tidak memiliki beban,” kata Azmi.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai bahwa sebaiknya penanganan kasus penyerangan Novel tersebut agar sepenuhnya dipercayakan kepada pihak Polri, karena ia menilai kinerja Polri sudah cukup maksimal dalam upaya pengungkapan kasus Novel.

“Kita percayakan dengan kepolisian. Saya yakin kepolisian itu serius. Bagaimanapun, Novel juga bekas polisi dan pasti ada kepentingan kepolisian juga untuk membela bekas perwiranya. Saya yakin polisi serius,” ungkap JK di Jakarta, Selasa 25 April 2017.

“Bahwa soal dua minggu sebenarnya ada perkembangan, walau pun perkembangan itu dikoreksi. Saya yakin profesional polisi masih sanggup untuk menyelesaikan itu,” lanjut JK.

JK juga menilai bahwa lembaga Kompolnas sudah cukup untuk bisa menjadi tim independen dalam penanganan kasus Novel Baswedan sehingga tidak perlu untuk membentuk tim khusus lagi.

“Kan ada juga Kompolnas. Itu lembaga yang dipilih DPR, biar Kompolnas yang memantau. Kompolnas itu sama saja dengan independen. Karena diplih oleh DPR dan dari masyrarakat, dan sudah ada mekanismenya,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here