Published On: Ming, Jul 23rd, 2017

Jokowi Ingatkan Kembali Pentingnya Menjaga Keutuhan Bangsa

Jalaon.com – Presiden Joko Widodo menghadiri acara halalbihalal kebangsaan di Semarang pada Sabtu malam, 22 Juli 2017. Dalam sambutannya Jokowi mengingatkan kembali kepada masyarakat Indonesia agar tetap menjaga keutuhan bangsa.

Jokowi juga mengingatkan tentang kebanggaan bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku bangsa, agama, budaya dan berbagai bahasa lokal namun dalam puluhan tahun bisa tetap dalam situasi yang kondusif dan saling toleransi

“Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia yang memiliki 17 ribu lebih pulau, 714 suku, dan 1.100 lebih bahasa lokal. Kebhinekaan dan kemajemukan inilah yang harus kita jaga dan bina,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga menceritakan pengalamannya saat bertemu dengan beberapa pemimpin negara yang memiliki penduduk mayoritas islam, salah satunya yaitu Raja Salman yang sempat terkejut ketika mengetahui kebinekaan RI.

“Beliau (Raja Salman) kaget betul, tidak menyangka sebanyak itu, dan hal yang juga saya sampaikan kepada Presiden Mesir, Qatar, dan Presiden Afganistan. Presiden Afganistan menyampaikan pesan kepada saya agar berhati-hati (memimpin) agar tidak terjadi konflik sosial karena Indonesia merupakan negara muslim terbesar,” ia menceritakan.

Untuk bisa tetap membina hubungan baik antar suku, agama dan budaya serta menjaga keutuhan bangsa, Jokowi menerangkan pentinganya Pancasila sebagai dasar negara untuk tetap ditanamkan.

“Kuncinya ada dimana? Kuncinya ada di Pancasila, dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia yang harus kita jaga,” terang mantan Gubernur DKI ini.