Published On: Sen, Mar 27th, 2017

Jokowi Komitmen untuk Mengatasi Ketimpangan Ekonomi

d

Jalaon.com – Presiden Joko Widodo memiliki keinginan untuk mengupayakan adanya pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah dan juga dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Hal tersebut diupayakan untuk mengatasi ketimpangan ekonomi seperti yang terjadi di negara RI saat ini, dimana pertumbuhan ekonomi hanya masih dirasakan oleh segelintir rakyat saja.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jokowi berkomitmen untuk melakukan pembangunan infrastruktur, industri, pemangkasan perizinan dan juga redistribusi lahan – lahan yang ada di seluruh wilayah provinsi.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan bahwa setiap pertumbuhan ekonomi harus diselaraskan dengan adanya pemerataan ekonomi. Menurutnya saat ini pembangunan sarana infrastruktur sudah dijalankan, dan hanya mengupayakan untuk pemerataannya.

“Pemerataan itu adalah pasangan dari yang sudah ada saat ini. Yang ada selama ini kan infrastruktur, deregulasi, industri itu adalah untuk pertumbuhan. Harus ada pasangannya untuk pemerataan, yang intinya memberi dukungan, memberi modal kepada rakyat, memberi kesempatan,” kata Darmin di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Darmin juga menjelaskan bahwa nantinya masyarakat akan memperoleh izin dari pemerintah untuk dapat mengelola lahan reforma agraria selama jangka waktu tertentu. Masyarakat yang berhak mendapatkan wewenang untuk mengolahnya yaitu berdasarkan dari identifikasi pemerintah.

“Jadi sebenarnya nanti ada namanya tanah untuk reforma agraria. Itu kita sudah punya daftarnya, nanti kita juga identifikasi masyarakat yang berhak untuk memperoleh. Ada lagi nanti kelompok lain 12,7 juta hektar, itu bukan untuk dibagikan. Itu untuk diberi izin ke masyarakat mengolahnya selama beberapa tahun. Ada konsesinya, mungkin 10 tahun, paling tidak 5 tahun lah,” tukasnya.