Published On: Sab, Agu 13th, 2016

Joseph Schooling Meraih Medali Emas Pertama Singapura dengan Mengalahkan Michael Phelps

Joseph Schooling mengalahkan Michael Phelps dan menjadi orang Singapura pertama yang mendapatkan medali emas dalam perhelatan pesta olahraga Olimpiade di Rio De Jainero 2016 pada Jumat malam, 12 Agustus 2016.

Berlomba di final 100 meter gaya kupu-kupu. Joseph Isaac Schooling yang masih berumur 21  tahun itu dengan semangat berenang secepat mungkin sejak start awal. Di belakangnya ada Michael Phelps dan Chad le Clos yang terus saling berebut posisi sampai akhirnya dengan konsistensi kecepatannya anak muda Singapura ini berhasil mengalahkan idolanya Michael Phelp yang finish di posisi kedua dengan catatan waktu 51.14 detik. Schooling meraih medali emas pertama bagi negaranya dengan menorehkan catatan waktu 50.39 detik. Catatan waktu itu juga sekaligus memecahkan rekor olimpiade yang dibuat oleh Michael Phelps pada Olimpiade Beijing 2008 lalu.

Joseph Schooling merupakan warga negara Singapura yang sejak kecil memang tertarik dengan olahraga renang. Pada tahun 2008 ia bertemu dengan idolanya Michael Phelps dan tertarik untuk fokus di dunia renang. Akhirnya ia bersekolah di Amerika di tempat di mana perenang peraih medali emas olimpiade dididik yaitu di Bolles School AS. Dengan tekad yang kuat akhirnya Ia bisa terus berlatih dan akhirnya memulai petualangan olimpiade pada tahun 2012 di London. Namun saat itu ia tidak bisa berbicara banyak karena tidak berhasil menembus babak kualifikasi selanjutnya.

Schooling dengan Idolanya Michael Phelps pada tahun 2008

Schooling dengan Idolanya Michael Phelps pada tahun 2008

Semangat tidak menyerahnya mengantarkan Ia untuk kembali ke panggung Olimpiade 2016 di Rio De Jainero. Ia memang fokus di nomor gaya kupu-kupu dan menjadi yang tercepat saat masuk semi-final dengan mengalahkan idolanya Michael Phelps. Saat final nomor 100 meter gaya kupu-kupu Ia kembali menjadi yang tercepat sekaligus memecahkan rekor olimpiade yang sebelumnya dipegang oleh Michael Phelps pada olimpiade Beijing 2008.

Keberhasilan Joseph Schooling ini langsung disambut antusias oleh masyarakat Singapura. Perdana menteri Singapura Lee Hsien Loong langsung mengucapkan selamat atas keberhasilan Schooling di halaman facebooknya.

lee

” Ini sangat luar biasa, seperti mimpi yang menjadi kenyataan, saya sangat bangga bisa berlomba dengan nama-nama besar yang mengubah wajah olahraga ini menjadi hebat”, ujar Schooling sesaat setelah menyelesaikan lomba dikutip dari Channel News Asia.

Dengan kemenangan Schooling, Singapura saat ini berada di posisi ke-34 dengan 1 emas dalam klasemen perolehan medali sementara. Posisi Indonesia berada di bawah Singapura yaitu di posisi ke-43 dengan 2 perak.