Published On: Sel, Apr 4th, 2017

JPU Putarkan Video Gus Dur Saat Sidang Ahok, Begini Isinya

d

Jalaon.comSidang Ahok yang ke 17 dalam kasus dugaan penistaan agama yang digelar hari ini, Selasa 04 April 2017, telah menayangkan dua video pidato dan wawancara Ahok.

Penayangan video pertama yaitu pidato Ahok ketika melakukan kunjungan di Kepulauan Seribu, lantas penayangan video yang kedua adalah saat ia melakukan wawancara di Balai Kota DKI Jakarta.

Selain itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga menayangkan video pidato Almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat mengawal kampanye Ahok yang saat itu menjadi Bupati Bangka Belitung.

Dalam video tersebut diambil pada tahun 2007, dimana presiden RI ke-4 ini mengatakan bahwa tidak masalah jika memilih pemimpin non muslim di dalam sistem pemerintahan.

“Saya bilang, kafir itu bukan orang Kristen dan orang Yahudi. Kenapa? Yang dinamakan kafir di dalam Al Quran adalah orang-orang yang enggak bertuhan. Belum bisa baca Al Quran udah ngomongin Al Quran. Lah iya, karena itu semuanya nyoblos Ahok.‎ Kalau omongan orang tolol, enggak usah didengarkan. Betul?” ucap Gus Dur dalam video.

Gus Dur kembali menjelaskan, bahwa di dalam pemerintahan tidak dilarang memilih pemimpin non muslim, akan tetapi dilarang memilih pemimpin non muslim dalam urusan keagamaan.

“Saya bilang, ayat ini tidak ada urusannya dengan Gubernur. Kenapa? Kalau orang Kristen dan ‎Yahudi tidak rela dengan kita, kita juga enggak rela dengan siapa pun. Apa anda mau salat di belakang orang Yahudi? Ya enggak mau. Tapi kalau pemerintahan, tidak apa-apa,” imbuh Gus Dur.