Published On: Rab, Agu 10th, 2016

Kata Anies Baswedan Soal Full Day School

 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melempar gagasan mengenai full day school atau sekolah sehari penuh bagi siswa SD dan SMP, yang kemudian saat ini menjadi kontroversi. Lantas bagaimana menurut mantan Mendikbud Anies Baswedan soal gagasan Effendy tersebut?

“Saya tidak mau mengomentari kebijakan pejabat baru,” kata Anies saat berbincang dengan detikcom, Selasa (9/8/2016).

Anies merasa bahwa ia tidak berhak ikut-ikutan berkomentar terhadap gagasan yang dibuat oleh penerusnya tersebut.

Gagasan Mendikbud soal Full Day School mendapat tanggapan yang beragam di masyarakat. Ada yang setuju, namun tak sedikit yang menolak dan berujung kritik.

Muhadjir mengaku senang dengan adanya sikap kritis dari masyarakat. Dia menegaskan, kalau ide itu akan dikaji dan diuji terlebih dahulu. Dan ide itu tak akan diterapkan jika ditemukan banyak kelemahan.

“Ini kan masih sosialisasi, melontarkan gagasan. Kita ingin dapat masukan. Saya justru kalau ada orang yang baru diberi tahu langsung terima, malah curiga. Ini berarti tanda masyarakat kritis, masyarakat bagus. Saya juga senang kalau nanti ide itu diuji betul, sehingga nanti betul-betul mateng,” kata Muhadjir di Restoran Batik Kuring, Jalan Widya Chandra, SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2016).

Muhadjir menegaskan bahwa dirinya dan jajarannya akan benar – benar mengkaji idenya mengenai perpanjangan jam belajar di sekolah tersebut. Dan para pakar akan diundang untuk dimintai pendapat.

Muhadjir juga mengatakan bahwa ini baru sebuah gagasan yang belum diuji. Dan beliau mengucapkan banyak terimakasih atas respon dari masyarakat, dan Muhadjir berjanji akan mengabarkan kembali kepada masyarakat apabila gagasan tersebut sudah diuji.