KATI : Sistem Pembayaran Tol Non Tunai Mempermudah Transaksi

d

Jalaon.com – Pemerintah saat ini tengah merencanakan untuk menerapkan pembayaran gerbang tol dengan sistem non tunai di seluruh Indonesia. Namun rencana ini akan diimplementasikan secara bertahap pada setiap daerah.

Ketua Asosiasi Tol Indonesia (KATI) Fatchur Rochman menyambut secara positif terkait rencana pemerintah tersebut terkait pembayaran gerbang tol. Dia mengatakan bahwa akan ada banyak manfaat yang akan didapatkan oleh pengguna jalan tol jika rencana tersebut diaplikasikan.

“Yang pertama jelas mempersingkat waktu transaksi,” katanya,  Senin (13/3/2017).

Fatchur Rochman juga mengatakan bahwa dengan pembayaran sistem non tunai, maka tidak akan ada celah untuk kekeliruan dalam memberikan pembayaran atau kembalian bagi pengguna jalan tol.

“Yang namanya tunai, kan ada potensi salah memberikan kembalian. Tapi dengan non tunai, kan itu semua tercatat. Enggak akan ada kurang bayar atau pun lebih bayar,” Ia melanjutkan.

Selain itu, menurutnya jika melakukan pembayaran dengan sistem non tunai maka akan mempermudah untuk mengelola cost, karena pihak pengelola tol tidak perlu menyiapkan cost tersendiri untuk kembalian.

“Kalau tunai itu kan kita harus menyiapkan kembalian. Kita harus siapkan uang receh banyak. Dan itu cost tersendiri untuk mengelolanya lagi, enggak efisien. Kalau pakai kartu, kita tidak perlu menyiapkan kembalian. Karena yang dibayarkan itu pasti pas dengan tarifnya,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here