Published On: Jum, Jun 9th, 2017

Kementan Jamin Impor Daging Kerbau Beku Tidak akan Merugikan Ternak Lokal

Jalaon.com – Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) I Ketut Diarmita memberikan klarifikasi terkait protes dari para pedagang daging sapi segar yang merasa omzetnya menurun semenjak pemerintah melakukan impor daging kerbau beku dari India.

Ketut menjamin hal ini tidak akan berdampak kepada para pedagang daging sapi segar, karena impor daging beku hanya dilakukan untuk sementara demi memenuhi kebutuhan dan ketersediaan daging sapi segar yang saat ini dirasa kurang mencukupi.

“Sehingga untuk memenuhi kekurangannya dipenuhi dengan impor, baik dalam bentuk impor sapi bakalan maupun daging,” jelas Ketut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Pemerintah melalui Bulog melakukan impor daging kerbau beku juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat kecil yang belum bisa menjangkau daging sapi segar. Ketut juga menjamin tetap memperhatikan daging sapi dari hasil peternak lokal.

“Pemerintah memastikan, dengan adanya kebijakan impor sapi daging beku asal India tersebut tidak akan menimbulkan distorsi harga dan tertekannya harga ternak lokal yang menyebabkan menurunnya pemotongan sapi lokal di Rumah Potong Hewan (RPH),” paparnya.