Published On: Sab, Apr 29th, 2017

Kementerian BUMN Meminta Telkomsel untuk Audit Semua Sistem Setelah Diretas Hacker

d

Jalaon.com – Beberapa hari yang lalu website resmi telkomsel telah diretas oleh hacker yang usil dengan mengubah bagian halaman depan beserta deskripsinya. Namun saat ini webiste telkomsel sudah kembali normal dan dapat diakses kembali setelah 7 jam diretas hacker.

Deputi Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurna mengatakan bahwa hacker tersebut dapat masuk ke sistem website telkomsel karena pada saat itu telkomsel sedang melakukan maintenance untuk meningkatkan keamanan.

“Jadi istilahnya ini orang lagi punya hajatan, pintunya kan dibuka, lalu ada yang nyelonong masuk, begitu. Memang saat itu sedang proses peningkatan kemanan,” kata Harry, Sabtu (29/4/2017).

Namun, Harry menilai bahwa 7 jam untuk menormalkan kembali website yang diretas merupakan waktu yang terlalu lama, karena pada umumnya untuk dapat memulihkan sistem yang dibobol hanya memerlukan waktu dua jam.

Harry juga mengatakan bahwa jika terlalu lama dalam memulihkan sistem yang telah dibobol, maka hacker akan dengan leluasa mengotak atik sistem dan kemungkinan telah me link ke seluruh sistem website telkomsel. Maka dari itu Harry meminta telkomsel untuk mengaudit semua sistem.

“7 jam itu lama sekali, bisa saja hacker itu sudah nge-link ke sistem-sistem yang lain, makanya saya minta audit total sistemnya,” jelas Harry.