Published On: Rab, Agu 24th, 2016

Kenali Beberapa Penyebab Asma Kambuh

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis, yang terjadi masalah pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas, sehingga menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Jika anda memiliki riwayat asma, penting sekali bagi anda untuk mengenali apa saja yang menjadi penyebab kambuhnya asma. Jika tidak waspada dan mengenali penyebab – penyebab kambuhnya asma, kematian yang menjadi resiko besarnya.

“Jadi kalau ada stimulan, bahan-bahan yang memengaruhi napas, dia (saluran) menyempit dengan gejala-gejala seperti batuk-batuk, sesak napas, napas berbunyi, terasa berat di dada,” ujar Prof dr Faisal Yunus, SpP(K), MD, PhD, dari RS MH Thamrin, Jakarta

Menurut dr Faisal, banyak faktor yang menjadi stimulan asma. Alergen, misalnya pada makanan tertentu bisa juga menjadi stimulan. Biasanya makanan yang bisa menjadi stimulan asma antara lain, makanan seafood, makanan junkfood juga makanan yang mengandung bahan pengawet, penyedap rasa ataupun pewarna makanan.

“Bisa juga alergen itu karena serbuk sari dari bunga, biasanya pada saat musim gugur, pada saat itu bunga-bungannya gugur, jadi orang yang mengidap asma pun bisa kambuh,” lanjut Prof Faisal.

Selain hal diatas, yang bisa menyebabkan asma kambuh bisa dari bulu binatang, debu dan juga terlalu berlebihan dalam beraktivitas pun dapat memicu asma untuk kambuh.

“Bisa juga pada saat musim pancaroba, yaitu perpindahan cuaca panas ke hujan atau sebaliknya, itu juga bisa menjadi penyebab kambuhnya asma” tambahnya.

Selain itu, pemicu lainnya adalah karena zat iritan, asap rokok dan asap kendaraan, bau-bauan, cat dan tempat sampah. Menurut Prof. Faisal, setiap orang berbeda – beda yang menjadi penyebab kambuhnya asma.