Published On: Sen, Agu 22nd, 2016

Kenapa Ada Bercak Darah Di Tinja? Ini Penyebabnya

Jalaon.com – Adanya bercak darah di tinja atau feses seringkali mengundang rasa takut dan kepanikan. Terkadang itu dianggap indikasi suatu penyakit serius, tapi bisa pula sebaliknya tidak menunjukkan tanda sakit apapun. Lalu, apa sih makna kehadiran bercak darah di tinja?

Bercak darah berarti ada pendarahan di dalam saluran pencernaan seperti dilansir dari Boldsky, Minggu (21/08/2016). Biasanya jumlah bercak sangat sedikit dan bisa ditemukan via sebuah tes feses yang dianjurkan dokter. Darah tak selamanya menempel pada tinja, beberapa kasus justru keluar sebelum atau sesudah kotoran.

Pendarahan di saluran pencernaan biasanya membuat tinja berwarna hitam seperti aspal. Mengapa bisa terjadi pendarahan? Divertikula adalah kantung-kantung kecil yang menonjol dari dinding usus besar. Biasanya dianggap bukan penyebab utama, namun tidak menutup kemungkinan mengeluarkan darah atau terinfeksi.

Adanya bercak darah pada tinja biasanya akibat luka atau sobekan di dalam jaringan lapisan anus, kasusnya tak jauh berbeda dari luka di bibir bagian dalam akibat tak sengaja tergigit. Luka biasanya akibat tinja keras berukuran besar yang susah keluar saat melewati saluran anus.

Selain dipicu luka atau sobekan, biasanya bercak darah pada tinja akibat infeksi atau penyakit radang usus, sebuah kondisi dimana pembuluh darah cenderung rapuh dan mudah terjadi pendarahan. Penyakit tersebut akibat luka terbuka di lapisan perut, duodenum atau bagian atas dari usus.

Radang dinding lambung termasuk salah satu penyebab kemunculan bercak darah pada tinja. Penyakit ini akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori, tapi penggunaan obat anti peradangan dalam dosis tinggi atau jangka panjang seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen turut memicu efek serupa. Ketika melawan infeksi bakteri atau virus di perut dan usus, sistem imun dapat memicu diare yang disertai keluarnya lendir dan bercak darah.

Pada akhirnya polis jinak mulai tumbuh, mengeluarkan darah dan bersifat kanker. Itu sering mengakibatkan pendarahan yang tidak terlihat mata. Varises atau sobekan pada oesophagus menyebabkan keluar banyak darah. Oleh karena itu, segera kunjungi dokter jika ada bercak darah di tinja lalu cari lokasi terjadinya pendarahan.