Published On: Kam, Mar 16th, 2017

Kepala BPJS Mengimbau Kepada Masyarakat Terkait Pentingnya Mengikuti Program Jaminan Kecelakaan Kerja

d

Jalaon.com – Sepanjang tahun 2016, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta telah menangani sebanyak 5.093 klaim kecelakaan kerja, dan sebesar 80 persen adalah dari kaum lak – laki.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah DKI Jakarta, Endro Sucahyono mengatakan bahwa dari semua kasus kecelakaan kerja tersebut, saat ini sudah ada sebagian peserta yang sudah kembali lagi bekerja, sementara sisanya masih dalam masa penyembuhan.

“Dari jumlah tersebut, sebanyak 60 peserta telah mengikuti program JKK-RTW, dengan 45 peserta sudah bekerja kembali, sementara sisanya masih menjalani terapi,” jelas dia dalam keterangannya, Kamis (15/3/2017).

Endro pun mengimbau kepada masyarakat terkait pentingnya untuk mengikuti program asuransi perlindungan kecelakaan kerja, demi menghindari resiko kecelakaan kerja yang menyebabkan cacat permanen.

“Kalau sampai cacat, pekerja dan keluarga pastinya yang dirugikan karena hilangnya kemampuan mencari nafkah,” kata Endro.

Selain itu, BPJS juga mengelola program jaminan kecelakaan kerja atau JKK Return to Work yang berperan untuk memberikan terapi penyembuhan bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, serta memastikan bahwa peserta dapat kembali bekerja setelah mengalami resiko kecelakaan kerja.