Keren, Tas Ini Bantu Masak Sayuran Dan Daging Dalam Mesin Cuci

unik

Jalaon.com –¬†Memasak dalam mesin cuci terdengar konyol. Tapi, mahasiswa ini membuktikan sebaliknya. Sayuran hingga daging bisa dimasak dalam mesin cuci.

Mahasiwa Industrial Design asal Tel Aviv, Israel bernama Iftach Gazit merancang tas kain khusus makanan yang bisa dimasukkan dalam mesin cuci. Tak sekadar dimasukkan, proses ini sebenarnya proses memasak makanan.

Tas diberi nama “The Sous La Vie” sesuai teknik masak sous-vide yang merupakan prinsip kerja alat ini. Teknik ini memungkinkan makanan matang dengan cara memasukkannya ke dalam kantung kedap udara dan bersuhu rendah. Suhu idealnya kira-kira 60 Celsius.

Bedanya dengan tas The Sous La Vie, makanan dimasukkan dalam tas kain. Tas sudah dirancang antiair sehingga memungkinkan makanan terhindar dari air sabun dalam mesin cuci. Tas bahkan dilengkapi lapisan plastik untuk cegah kebocoran.

“Alih-alih mengikuti resep sous-vide dan memasak sepotong daging dalam suhu 58 Celsius selama 2,5 jam, kamu cukup mengatur mesin cuci pada mode “synthetics” dalam durasi panjang,” ujar Gazit. Sementara untuk sayuran, tinggal memindahkan mesin cuci pada mode “cotton” dalam durasi pendek.

Prototipe tas The Sous La Vie dilengkapi makanan kemasan dan petunjuk penggunaan. Seperti temperatur mesin cuci yang dianjurkan dan informasi nutrisi makanan pada tas kain.

Dilansir dari wowkeren, Gazit bercerita dia diminta membuat kemasan makanan yang bisa digunakan selanjutnya. Sehingga membuat siapapun mudah menggunakan tas The Sous La Vie. “Membuat makanan dengan mesin cuci ini tidak ditujukan hanya untuk tuna wisma tapi untuk semua orang. Sebuah produk yang merefleksikan indera perasa, kemampuan ekonomi dan budaya,” kata Gazit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here