Kereta Tanpa Masinis Resmi Beroperasi Mulai Bulan Juli

Jalaon.comSkytrain atau kereta tanpa masinis akan resmi mulai beroperasi pada bulan Juli mendatang, Skytrain ini untuk sementara masih dapat digunakan untuk menghubungkan dua terminal saja, yaitu terminal 2 dan terminal 3 di Bandara International Soekarno – Hatta.

Untuk memudahkan pengoperasian yang ringan, maka pemerintah sengaja untuk memesan kereta yang dapat dioperasikan tanpa masinis.¬†“Dia memang didesain driverless,” ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, Jakarta, Minggu (4/6/2017).

Namun, Awaluddin mengatakan untuk awal pengoperasian Skytrain ini akan menggunakan masinis untuk melakukan penyesuaian, karena kereta tanpa masinis masih baru pertama kali di Indonesia.

“Kami merencanakan dalam 6 bulan pertama kita pakai driver dulu. Kan ini belum pernah ada, jadi kita untuk langsung ke driverless bisa saja tapi mungkin perlu proses kerjanya atau SOP nya kita sesuaikan,” kata Awaluddin.

Selain itu, Woojin Korea selaku perusahaan pembuat Skytrain tersebut memang menyarankan untuk menggunakan masinis terlebih dahulu sebelum akhirnya dioperasikan tanpa masinis.

“Jadi dia memang mensyaratkan didahului dengan driver kemudian baru driverless,”¬†jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here