Published On: Ming, Agu 13th, 2017

Ketua PCNU Bogor Menolak Gagasan Full Day School

Jalaon.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bogor dengan tegas menolak gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy terkait full day school dengan sekolah lima hari dari hari senin sampai jumat.

Ketua PCNU Kabupaten Bogor, Romdoni menilai bahwa gagasan tersebut akan lebih banyak mudharatnya apabila diterapkan karena tujuannya hanya urusan duniawi.

“Kalau tujuannya untuk pendidikan duniawi, saya menolak karena lebih banyak mudaratnya,” ujar Romdoni, di Cipelang, Cijeruk, Bogor, Sabtu, 12 Agustus 2017.

Romdoni mengatakan apabila murid akan menjalani full day school, maka seluruh tenaga dan fikiran hanya akan penuh dengan urusan pendidikan formal dan pelajaran sekolah, sementara waktu murid untuk belajar mengaji pun menjadi terbengkalai.

” Karena sudah terlalu capek bersekolah seharian, anak-anak jadi malas belajar mengaji. Habis magrib pasti buat istirahat sambil nonton televisi,” jelasnya.

Romdoni menilai murid akan lebih baik memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan waktu luang untuk memperdalam ajaran agama melalui pengajian atau majelis ta’lim.

” Kalau di sekolah formal belajar agama hanya seadanya saja, berbeda dengan di majelis atau madrasah diniyah, lebih mendalam,” papar Romdoni.