Published On: Sen, Agu 21st, 2017

Komaruddin Hidayat Menilai Jokowi Terkena Getah Pemerintahan SBY

Jalaon.com – Di era pemerintahan Jokowi selama dua tahun terakhir ini semakin marak terjadinya aksi radikalisme dan banyak konflik yang terjadi.

Berkaitan dengan hal ini, Cendekiawan muslim Komaruddin Hidayat menilai bahwa membesarnya aksi radikalisme dan konflik tersebut dikarenakan saat pemerintahan SBY tidak ada pelarangan atau tindakan tegas mengatasi hal itu, sehingga berdampak kepada era pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla.

“Pak SBY itu kan Presiden yang motonya zero enemy. Dia enggak mau konflik dengan siapapun. Jadi ketika jelas ada radikalisme dan pelanggaran, dibiarkan saja,” ucap Komaruddin saat diundang di acara Sarasehan Kebangsaan, dengan tema Saya Indonesia, Saya Pancasila, di Gereja Kristen Indonesia (GKI), Jakarta, Minggu 20 Agustus 2017.

Selain itu, Komaruddin juga mengatakan bahwa sekelompok radikalisme akan terus membesar apabila kelompok lain sebagai kaum mayoritas tidak menghalaunya, hal inilah yang menurut Komaruddin terjadi di era pemerintahan SBY.

“Ada ungkapan klasik begini, kelompok minoritas radikal itu ada karena ada mayoritas yang membiarkan itu terjadi,” katanya.