Published On: Sel, Apr 25th, 2017

Kuasa Hukum Ahok, Meminta Nama Ahok Dipulihkan

d

Jalaon.com – Sidang lanjutan Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama telah berlangsung pada hari ini, Selasa 25 April 2017 pagi di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Agenda dalam persidangan lanjuta tersebut adalah pembacaan pleidoi oleh terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Kuasa hukum Ahok, Tommy Sihotang mengutarakan permohonannya kepada hakim untuk membebaskan kliennya tersebut dari dakwaan penodaan agama.

“Memohon agar majelis hakim yang mulia berkenan memutuskan, menyatakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah,” kata Tommy Sihotang dalam persidangan, di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2017).

Menurut Tommy, Ahok tidak pernah ada niat untuk melakukan penistaan agama dengan mengutip surat Al Maidah ayat 51. Hal ini juga diperkuat oleh tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang tidak mengenakan Ahok pasal 156a KUHP, melainkan hanya dengan pasal 156 KUHP.

“(Memohon agar majelis hakim) menyatakan membebaskan Ahok dari dakwaan pertama dan dakwaan kedua,” lanjut Tommy.

Tommy juga meminta kepada Majelis Hakim untuk membebankan biaya perkara kepada negara dan nama Ahok agar kembali dipulihkan.

“Menyatakan barang bukti yang disampaikan Ahok tetap terlampir dalam berkas perkara atas nama Ahok dan membebankan biaya perkara kepada negara,” ucapnya.