Published On: Sen, Agu 15th, 2016

Ladies, Ikuti 4 Langkah Ini Untuk Bersihkan Makeup

Jalaon.com – Wanita rela makeup atau merias wajah berjam-jam agar tampak cantik mempesona. Meski punya manfaat luar biasa untuk mendongkrak rasa percaya diri, ternyata ada sisi negatif yang membahayakan kesehatan kulit. Kotoran, debu, minyak dan polusi yang bercampur dengan senyawa kimia produk kecantikan justru menimbulkan jerawat, noda hitam dan komedo.

Aktifitas makeup memang sulit dihindari, terutama bagi wanita karir yang harus tampil cantik selama bekerja. Tak mau kulit rusak akibat keseringan makeup? Segera jalankan empat langkah penting berikut ini usai merias wajah sebagaimana dilansir dari laman Boldsky (15/08/2016).

1. Pembersihan

Jangan pernah nekat tidur malam selagi makeup menempel di permukaan kulit. Segera lakukan pembersihan yang bertujuan mempermudah kulit bernapas dan mengurangi potensi kerusakan. Gunakan produk khusus pembersih makeup yang dituangkan ke kapas lembut. Sapu bersih semua area wajah secara perlahan untuk memastikan tak satupun sisa makeup terlewatkan.

2. Cuci wajah

Usai membersihkan kulit dengan produk khusus, segera lanjutkan dengan sabun pembersih wajah. Pilih sabun pembersih wajah sesuai tipe kulit. Cara pakainya cukup mengusap kulit wajah secara perlahan dan lembut. Jangan cepat beralih ke sabun pembersih merek lain yang mengakibatkan efek samping berbahaya.

3. Toning

Kulit wajah terasa segar usai dicuci dengan sabun pembersih. Langkah selanjutnya yaitu toning. Gunakan toner yang mengembalikan kadar pH alami kulit wajah dan menutup pori-pori. Produk toner berkualitas dapat merapatkan kulit, sebaiknya pakai air bunga mawar jika ingin memakai toner “alami” tanpa bahan kimia.

4. Melembabkan

Melembabkan kulit wajah adalah langkah terakhir usai pembersihan, pencucian dan toning. Kadar lembab yang tepat dapat menunda tanda-tanda penuaan dini. Ada banyak produk pelembab wajah, mulai dari serum hingga pelembab bebas minyak.

Sebaiknya beri sedikit minyak ketika membersihkan makeup di malam hari, cukup gunakan minyak vitamin E. Pemberian minyak bertujuan menutrisi dan menyembuhkan jaringan kulit yang rusak. Jangan perlu khawatir karena aktifitas ini sama sekali tak membuat kulit berminyak. Efeknya baru terasa di pagi hari, kulit semakin lentur dan bercahaya.