Published On: Ming, Agu 14th, 2016

Ladies! Ini Tujuh Makanan Pencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang paling banyak dialami oleh wanita. Dari 20 penderitanya sebanyak 6% nya meninggal dunia. Para ahli memiliki pendapat, penyebab kanker payudara disebabkan hormonal dan makanan yang mempengaruhi. Makanan berlemak terutama lebih besar kemungkinan terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak banyak makan makanan berlemak.

Wanita dengan perawakan tinggi besar, lebih memungkinkan terkena kanker ini dibandingkan wanita yang kurus dan pendek, kemudian keluarga yang pernah menderita penyakit ini, maka cenderung akan mendapatkan penyakit ini juga.

Banyak yang percaya bahwa membiasakan hidup sehat mampu mengurangi resiko terkena kanker. Beberapa makanan seperti minyak ikan dipercaya dapat mencegah timbulnya kanker.

Berikut ini tujuh jenis makanan yang membantu melawan kanker payudara seperti dilansir dari laman Daily Mail:

Sayuran cruciferous

Sayuran yang masuk dalam kelompok ini terkenal akan kandungan glucosinolate, yaitu kandungan kimia belerang yang menyebabkan timbulnya rasa pahit dan aroma kuat dari sayuran keluarga cruciferous. Kandungan kimia yang dihasilkan bisa membantu mencegah resiko kanker. Sayuran yang masuk dalam kelompok ini adalah bawang putih, bawang bombay, kubis. 

Sayuran berdaun hijau

Lutein dan Zeaxanthin yang ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kol membantu mencegah resiko kanker payudara.

Tomat

Ahli onkologi dan diet Tara Whyand, menjelaskan bahwa mengkonsumsi buah seperti tomat yang kaya akan lycopene bisa membantu mengurangi resiko kanker. 

Ikan 

Hasil studi menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi asam lemak tak jenuh ganda dari ikan seperti salmon dan tuna beresiko lebih sedikit terkena kanker. 

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan phytonutrients. Antioksidan terkenal mengurangi oksidasi dalam tubuh yang bisa menyebabkan radikal bebas pemicu kanker. 

Kedelai

Ragam olahan kedelai seperti kacang edamame, tofu, miso, susu kedelai kaya akan fitoestrogen. Institut Kanker Nasional di Amerika Serikat menemukan bahwa wanita dengan diet kaya soya beresiko lebih sedikit terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang menjalani diet rendah soya.