Lima Kebiasaan Ini Bikin Anda Cepat Tua

Menjadi tua itu sudah kepastian, namun untuk menjadi tua lebih cepat, itu pilihan. Banyak orang takut menjadi tua, karena menjadi momok yang menakutkan. Bahkan demi menunda penuaan, tak sedikit orang yang rela merogoh uang jutaan rupiah untuk perawatan dari kaki hingga ujung rambut.

Namun, tanpa mereka sadari, mereka juga melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membuat tubuhnya cepat tua. Ingin tahu apa saja kebiasaan tersebut? Simak ulasan dibawah ini!

 

1. Pola makan yang buruk

Makan terlalu banyak uga bisa menyebabkan penuaan dini. Untuk menghindarinya, batasi kalori yang masuk ke dalam tubuh dan konsumsi lebih banyak makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan daging. Batasi makanan olahan, yang dikemas dengan garam, gula, dan zat pengawet.

 

2. Pola tidur yang buruk

Jika Anda tidak mendapat tidur yang berkualitas, maka tubuh anda akan mengalami penurunan produktivitas. Tidur adalah proses alami untuk mengistirahatkan tubuh  sekaligus memicu pertumbuhan sel-sel baru. Tidur juga merupakan komponen yang mendorong terciptanya kebahagiaan, produktivitas dan hidup sehat. Proses ini turut berpengaruh dalam memperlambat penuaan.

 

3. Stres

Stres kadangkala baik untuk tubuh karena memicu pelepasan hormon adrenalin yang membuat Anda terdorong menyelesaikan sesuatu dengan cepat. Sayangnya stres berlebihan akan berakibat negatif pada tubuh, salah satunya penuaan. Pasalnya stres bisa memicu sakit kepala dan beberapa penyakit lainnya yang membuat Anda tampak lebih tua. Misal, pada penampilan fisik, rambut mulai beruban, rambut mulai rontok dan terdapat kerutan pada wajah

 

4. Jarang olahraga

Jarang berolah raga merupakan salah satu hal yang berperan membuat tubuh mengalami penuaan dini. Otot-otot penyokong tubuh tak terlatih sehingga tubuh Anda terlihat lebih rapuh dan tampak tua. Mulailah berolahraga dari sekarang untuk menjaga agar tulang dan otot tetap fit.

 

5. Merokok

Banyak penelitian yang telah mengungkap bahaya rokok bagi kesehatan. Tak hanya menyerang organ-organ di dalam tubuh, rokok juga membuat kulit wajah menjadi tampak tua dan mendorong kerutan muncul lebih awal. Pengaruh ini pun tak hanya dialami perokok aktif, karena para ahli menyebut bahwa orang yang terpapar asap rokok setiap hari meski ia tidak merokok juga akan mengalami hal yang sama.

Di dalam rokok, mengandung zat Amoniak, yaitu zat yang juga terkandung dalam air kencing manusia, tentunya ini sangat berbahaya bagi tubuh. Masih tidak berfikirkah anda untuk berhenti menghisap racun?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here