Mahfud MD Berkata Tentang Negara Khalifah

Jalaon.com – Profesor Mahmud MD menanggapi terkait keyakinan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tentang sistem kekhalifahan di sebuah negara islam.

Menurutnya, di dalam agama islam sendiri tidak mengharuskan suatu negara untuk membentuk sistem khalifah di dalam kepemimpinan negara, ia juga mengatakan bahwa tidak ada sumber yang mengatakan demikian.

” Tidak ada dalam sumber primer Islam seperti Alquran dan Hadits yang memerintah untuk membentuk sistem negara khilafah. Kalau hasil ijtihad dari ulama tentang khilafah memang ada,” jelasnya di Pamekasan, Jawa Timur, Minggu, 27 Agustus 2017.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menjelaskan bahwa para ulama terdahulu telah berbeda pendapat dan memperdebatkan persoalan sistem kepemimpinan Khalifah di dalam negara.

” Makanya, konsep ulama Islam terdahulu tentang khilafah itu berbeda, antara Al-Maududi dengan Al-Afagani,” ucapnya.

Selain itu, ia menegaskan bahwa sebagai rakyat dan warga negara yang baik harus bisa patuh dan taat terhadap peraturan yang telah dibuat di dalam suatu negara, terutama dalam hal menjaga keutuhan NKRI.

” Karena Demokrasi Pancasila sudah menjadi kesepakatan, maka sebagai warga bangsa dan warga negara, kita berkewajiban menjaga keutuhan bangsa, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here