Published On: Sel, Agu 16th, 2016

Makanan yang Dilarang Saat Menstruasi

Ketika wanita menstruasi, kerap kali mengalami sakit kram di perut yang luar biasa, tentu saja hal ini sangat membuat jengkel dan tidak nyaman. Kram ini bahkan bisa membuat kita membungkuk-bungkuk saat berjalan ataupun berguling-guling di kasur.

Yang mengakibatkan kram saat menstruasi adalah proses pengolahan zat kimia yang dinamakan prostaglandin di dalam rahim. Rahim memproduksi bahan kimia tersebut untuk membantu kontraksi otot di rahim saat menstruasi.

Jika anda tergolong sebagai salah satu dari sekian banyak wanita yang  kerap kali merasakan sakit kram di perut saat menstruasi dan tidak ingin merasakan rasa sakit dua kali lipat lebih parah dibandingkan sebelumnya, maka anda disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan di bawah ini, seperti yang dilansir dari ehow, Selasa (16/8/2016):

 

Makanan Banyak  Mengandung Minyak

Makanan berikutnya yang dilarang pada saat haid adalah makan makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak, atau sering kita kenal dengan nama gorengan. Makanan yang satu ini memang sangatlah gurih dan lezat ketika dimakan sebagai camilan.

Namun demikian kandungan minyak yang sangat tinggi, akan menyebabkan meningkatkan jumlah lemak dan kolesterol tinggi di dalam tubuh, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap siklus haid. Bahaya mengkonsumsi gorengan akan menyebabkan kolesterol yang menyebabkan kurang lancarnya peredaran darah, yang akan berpengaruh terhadap haid yang alami.

 

Junk Food

Makanan yang dilarang saat haid lainnya adalah makanan yang merupakan jenis makanan junk food dan makanan cepat saji. Kandungan lemak dan juga kolesterol pada bahaya junk food ini merupakan salah satu yang tertinggi, dan dapat menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak wajar. Selain itu, bahaya makanan cepat saji ini akan menyebabkan terganggunya proses haid atau menstruasi yang anda alami.

Karena itu, demi kesehatan anda dan juga kelancaran dari proses haid yang anda almi, maka anda harus menghindari junkfood, dan konsumsilah makanan yang kaya akan serat, protein dan juga zat besi.

 

Makanan Olahan

Selain junk food makanan yang dilarang saat haid berikutnya adalah jenis makanan olahan. Makanan olahan seperti nugget, bakso, mie, dan berbagai jenis makanan lainnya juga merupakan salah satu jenis makanan yang dilarang saat haid. Makanan ini bisa saja menyebabkan gangguan kelancaran dari proses haid yang anda jalani.

 

Makanan Mengandung Sodium

Wanita yang cenderung kembung sebelum menstruasi, akan merasa lebih baik jika mereka mengurangi konsumsi sodium dalam dietnya. Karena sodium dapat menyebabkan retensi cairan.

 

Minuman Mengandung Kafein

Makanan yang dilarang saat haid yang pertama adalah jenis makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein. Pada saat haid, ada baiknya anda mengurangi asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh anda dan lebih baik lagi jika bisa menghentikan konsumsi kafein ini.

Bahaya kafein dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah, sehingga dapat menyebabkan terjadinya abnormalitas pada pendarahan saat anda mengalami haid atau menstruasi.