Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Jalaon.com – Buah nangka, menjadi salah satu buah yang bisa Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Pohon dari buah nangka itu sendiri bahkan bisa Anda temukan dengan sangat mudah di berbagai daerah. Buah yang satu ini juga dapat tumbuh hingga memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran buah-buahan lain pada umumnya.

Buah nangka merupakan salah satu buah yang memiliki bau dan rasa yang khas. Bau dari buah nangka itu sendiri sangat wangi dan tekstur buahnya pun padat. Hal inilah yang membuat buah nangka menjadi salah satu buah yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan tak jarang juga jika buah ini juga digunakan ke dalam campuran es buah.

Tak hanya memiliki rasa dan bau yang khas, ternyata terdapat sejuta khasiat buah nangka yang jarang diketahui orang. Hal ini dikarenakan berbagai macam kandungan yang ada di buah nangka seperti Vitamin A, C, kalsium, kalium, thiamin, zat besi, seng, niasin serta riboflavin. Selain itu juga terdapat serat yang rendah kalori dan sangat baik bagi penderita jantung.

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan 

1. Menurunkan Tekanan Darah

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah tropis yang satu ini. salah satunya yakni dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Akan tetapi, kandungan kalium yang ada di dalam buah nangka ini ternyata dapat digunakan untuk menurunkan kadar tekanan darah Anda.

2. Mengobati Asma

Tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan akar pohon nangka untuk digunakan sebagai obat asma. Cara membuat ramuannya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal merebus akar pohon nangka ini lalu menyeduhnya.

3. Mencegah Anemia

Manfaat buah nangka lainnya yang bisa Anda dapatkan yakni bisa untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Nangka, menjadi salah satu buah yang baik untuk Anda yang mengalami kekurangan darah. Nangka mengandung zat besi yang akan membantu Anda untuk mengatasi masalah anemia. Selain itu, kandungan zat besi ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

4. Mencegah Osteoporosis

Nangka memiliki kandungan magnesium yang sangat tinggi. Hal ini sangat baik untuk memperkuat tulang dan mencegah serangan osteoporosis di suatu hari. Tak hanya itu, buah nangka juga sangat baik untuk membantu pertumbuhan serta kepadatan tulang anak-anak.

5. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat sulit untuk disembuhkan. Akan tetapi, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan sehat salah satunya yakni nangka. Nangka mengandung vitamin C serta phyto-nutrisi. Tak hanya itu, nangka juga memiliki sifat anti kanker dan anti penuaan. Hal inilah yang membuat buah nangka sangat baik untuk mencegah penyakit mematikan tersebut.

6. Melancarkan Pencernaan

Ada banyak sekali manfaat buah nangka yang perlu untuk Anda ketahui. Salah satunya yakni dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah Anda dari sembelit. Nangka memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk mengatasi masalah sembelit. Buah yang satu ini juga sangat direkomendasikan sebagai cemilan diet Anda.

Banyak sekali manfaat buah nangka yang bisa Anda peroleh secara langsung. Rutinlah untuk mengkonsumsi buah ini dan jadikan buah nangka sebagai camilan sehat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here