Published On: Rab, Agu 24th, 2016

Manfaat Daun Kemangi yang Akan Membuat Kamu Terkejut

Seringkali kita jumpai daun kemangi ini disediakan sebagai lalapan / pelengkap menu makanan, dan juga sebagai pembersih tangan dari bau sambal yang menempel.

Selain itu, daun kemangi memiliki banyak kandungan kimia yang dikenal dapat mencegah berbagai macam penyakit. Daun kemangi memiliki banyak kandungan nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin, kalsium dan zat besi.

Jika kamu mau secara rutin mengkonsumsi daun kemangi ini, manfaat – manfaat berikut inilah yang akan kamu dapatkan :

 

Mencegah Demam

Daun kemangi dapat mengatasi dan mencegah demam karena flu. Saat demam karena flu, kamu dapat mengunyah daun kemangi. Untuk mencegah masalah demam saat musim penghujan, kamu dapat meminum air rebusan daun kemangi. Minum setiap hari untuk mencegah demam dikala musim hujan tiba.

Mengurangi Stres

Daun kemangi adalah salah satu tanaman herbal yang jika dikonsumsi dapat mengurangi masalah stres. Untuk mengurangi stres, disarankan untuk mengunyah 10-12 lembar daun kemangi setiap hari. Kunyah daun kemangi dua kali sehari untuk bisa mengurangi masalah stres dengan baik.

Pencegahan Komedo

Daun kemangi juga dapat mencegah munculnya komedo. Daun kemangi pada sisi bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung  selama 5 menit. Setelah itu, dilepas dan cuci muka.

 

Mencegah Rambut Beruban

Untuk mencegah rambut beruban, rendam daun kemangi kering dan bubuk amla dalam air semalaman dan cuci rambut dengan ramuan ini keesokan harinya. Hal ini untuk mencegah beruban rambut serta rambut rontok.

Baik untuk Penglihatan

Daun kemangi bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan mata.  Karena daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Hanya dengan 100 gram daun kemangi segar setiap hari akan membantu meningkatkan kesehatan mata.

Pencegahan Jerawat

Daun kemangi mampu mencegah timbulnya jerawat karena daun ini akan memurnikan darah dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.