Published On: Rab, Mei 17th, 2017

Ma’ruf Amin : Pemerintah Harus Mengambil Sikap kepada Penghina Pancasila

da

Jalaon.com – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’aruf Amin mengungkapkan bahwa Pancasila merupakan hal yang mutlak untuk ditanamkan di semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Bahkan, Ma’ruf Amin mengatakan semua para tokoh dari semua agama telah sepakat bahwa Pancasila harus dikuatkan, agar terciptanya persatuan dan kesatuan serta perdamaian.

Ma’ruf Amin mengatakan apabila ada pihak yang menghina Pancasila, maka ia tidak boleh menjadi warga negara Indonesia.

“Kalau dia menghina Pancasila, tidak patuh pada koridor NKRI dan Bineka Tunggal Ika, maka dia tidak boleh hidup di Indonesia. Itu kesepakatan yang sudah kita sepakati sejak berdirinya negara,” ucap Ma’aruf di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (16 / 05/ 17).

Ma’ruf Amin menilai bahwa pemerintah harus bersikap kepada organisasi masyarakat manapun yang dinilai bertentangan dengan Pancasila dan melanggar koridor hukum di Indonesia.

“Jadi kita tetap koridor hukumnya itu, pemerintah dalam mengambil langkah harus sesuai dengan koridor hukum. Kalau sesuai dengan aturan hukum, kita dukung untuk menghentikan itu (intoleransi). Kalau tidak dihentikan, berbahaya sekali. Bisa berkepanjangan,” jelasnya.