Published On: Rab, Mar 22nd, 2017

Masih Menuai Polemik, DPR RI Segera Kunjungi PT Semen Indonesia untuk Lakukan Pengawasan

d

Jalaon.com – Beberapa hari yang lalu para petani Kendeng, Rembang, Jawa Tengah menggelar aksi demo di depan Istana Merdeka untuk menolak pemerintah dalam pengoperasian PT Semen Indonesia di kawasan Rembang dan Kendeng.

Aksi demo tersebut dilakukan dengan memasukkan kaki kedalam kotak yang berisi semen cor. Harunya, dalam aksi demonstrasi tersebut telah menelan korban jiwa dikarenakan terkena serangan jantung. Nama korban jiwa tersebut adalah Patmi yang juga merupakan salah satu petani Kendeng.

Terkait timbulnya polemik antara Pabrik Semen dengan masyarakat Kendeng tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga berencana akan berkunjung ke tempat PT Semen Indonesia di Rembang untuk melakukan pengawasan serta memantau aspirasi masyarakat setempat.

“Komisi IV DPR RI telah mengagendakan untuk melakukan kunjungan ke lapangan terhadap proses pembangunan pabrik dan sengketa lahan. Tujuan kunjungan untuk mengecek kondisi faktual pembangunan pabrik, lalu aspirasi masyarakat sekitar areal pembangunan,” kata Viva di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 21 Maret 2017.

Viva menuturkan bahwa sebaiknya pemerintah lebih mendengarkan aspirasi rakyat daripada harus tetap melanjutkan pembangunan dan pengoperasian pabrik semen tersebut, karena jika tidak, maka akan menimbulkan polemik dalam jangka waktu yang lama.

“Pemerintah sebaiknya melakukan verifikasi faktual di lapangan untuk mendapatkan data akurat. Hal itu agar dalam proses perumusan kebijakannya tidak melukai hati rakyat, tetapi tidak menggangu program nasional,” jelas Viva.