Mbah Moen Meminta Jemaah Haji Indonesia Taati Peraturan Pemerintah Saudi

Jalaon.com РKyai sepuh dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH. Maimoen Zubair tengah melaksanakan ibadah haji, ulama kharismatik ini sampai di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah pada Kamis 17 Agustus 2017, pukul 16.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan maskapai penerbangan Saudi Airlines.

Pria yang akrab disapa Mbah Moen ini menilai bahwa ibadah haji pada tahun ini cukup berbeda dengan musim haji sebelumnya, selain adanya penambahan kuota jemaah haji untuk Indonesia sebesar 10 ribu jemaah, dari segi pelayanannya juga disebut lebih baik.

“Haji tahun ini lebih kondusif. Dipandang dari segi pelayanan maupun peribadatan dan lainnya. Saya yakin haji itu akan menjadi ukuran kemajuan bangsa Indonesia,” kata Mbah Moen, Sabtu (19/8/2017).

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi telah melarang jemaah Indonesia untuk melakukan lempar jumrah pada waktu – waktu tertentu, terkait hal itu Mbah Moen meminta kepada jemaah Indonesia untuk mentaati peraturan yang telah ditetapkan.

Selain itu, Mbah Moen juga mengakui bahwa peraturan waktu lempar jumrah tersebut telah ditetapkan pada waktu yang dinilai lebih afdhal (lebih baik) untuk melakukan lempar jumrah.

“Jemaah haji¬†hendaknya melaksanakan ibadah secara tulus dan ikhlas,” pintanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here