Published On: Rab, Agu 17th, 2016

Perkenalkan MDacne, Aplikasi Pintar Pembasmi Jerawat

Jalaon.com – Seorang ayah dan anak asal Israel telah mengembangkan sebuah aplikasi untuk memperoleh kulit sehat tanpa harus keluar banyak uang membeli produk pembasmi jerawat dan mengunjungi dokter. MDacne adalah aplikasi mobile karya Dr. Yoram Harth, seorang dermatolog yang fokus merawat dan menghilangkan jerawat.

Dokter Yoram bersama sang anak, Oded Harth, menghabiskan banyak waktu untuk menyusun algoritma tentang jerawat “MDAlgorithm”. Mereka berani mengklaim penemuan itu sebagai dermatolog berbasis komputer pertama di dunia yang menganalisa jerawat dan sistem edukasi menyembuhkan jerawat.

Aplikasi menganalisa sebuah foto selfie untuk mengidentifikasi jenis jerawat dan tingkat keparahan. Nantinya pengguna diberi susunan rencana untuk menyembuhkan jerawat dalam 30 hari dan mengamati setiap perkembangan. Sebagian besar fitur tersedia gratis, sedangkan fitur premium tersedia dengan membayar iuran seperti video tutorial langkah demi langkah, reminder perawatan harian dan tips.

MDacne terus berada di peringkat teratas kategori aplikasi jerawat pada app store Apple versi Amerika Serikat. Prestasi mengagumkan itu diperoleh hanya dalam enam minggu usai peluncuran beta mode sejak Desember 2015.

“Ada permintaan yang begitu tinggi,” ucap Oded Harth soal kesuksesan MDacne dilansir dari laman thetower.org (17/08/2016).

“Sekitar setengah milyar orang di dunia menderita jerawat dan sebagian dari mereka tidak merawatnya. Itulah tujuan utama kami membuat MDacne.

Menurut pengamatan Harth, umumnya penderita jerawat melakukan pencarian via Google untuk mencari tahu produk efektif mengatasi jerawat. Banyak penderita tak kunjung sembuh akibat kekurangan biaya untuk konsultasi ke dokter. Jika mampu berobat ke dokter, biasanya pasien lalai mengikuti panduan yang dianjurkan sehingga jerawat tak kunjung sembuh.

“Menurutku 80 persen penderita jerawat bisa dapatkan hasil terbaik dengan metode preventif seperti cara pembersihan dan pola makan yang tepat,” kata Oded.

“MDacne bertujuan melatih dan memandu mereka (penderita jerawat) untuk terus mengikuti aturan. Aplikasi ini sama sekali tidak merekomendasikan satupun obat, jika pasien menderita kasus parah maka direkomendasikan untuk mengunjungi dokter kulit.

Saat ini MDacne hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan app store versi Amerika Serikat. Beberapa perusahaan asing tertarik untuk membawanya ke negara lain, salah satunya China.