Published On: Sen, Jun 12th, 2017

Membocorkan dan Mejual data Pengguna iPhone, Distributor Apple Ditangkap

Jalaon.com – Menerima telepon dari orang yang tidak dikenal dengan aksi menawarkan sebuah jasa asuransi, undian berhadiah ataupun modus yang lain dari penipu bukanlah hal yang tabu akhir – akhir ini.

Selain itu, banyak juga masyarakat terutama pengguna iPhone merasa heran, darimanakah mereka mendapatkan nomor pengguna iPhone itu? Ternyata salah satunya adalah berasal dari hacker yang membobol data pengguna kemudian menjualnya kepada pihak yang berkepentingan.

Seperti yang dimuat Ubergizmo, Senin (12/6/2017), terdapat satu kasus di negara Tiongkok yaitu perusahaan distributor pihak ketiga Apple yang sengaja menjual data konsumen untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

Pihak kepolisian Tiongkok telah berhasil menangkap 20 orang yang merupakan pihak distributor yang diketahui terlibat dalam penjualan data pribadi pengguna Apple.

Selain itu, data yang dijual bukan hanya nomor telephone saja melainkan juga Apple ID yang dijual seharga kisaran 10-80 Yuan (setara Rp 19 – 156 ribu) per data. Memang tidaklah mahal harga sekian, namun pelaku memainkan kuantitas untuk memperoleh keuntungan. Bahkan berdasarkan informasi yang diterima, pelaku mampu menjual data lebih dari 50 juta Yuan (US$ 7,36 juta atau setara Rp 98 miliar).

Namun, belum diketahui kejadian pencurian data pribadi pengguna iPhone ini hanya di Tiongkok ataukah pengguna iPhone di negara – negara lain.