Published On: Jum, Jun 16th, 2017

Mendag : Harga Bawang Putih Terus Mengalami Penurunan Harga

Jalaon.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa harga komoditas bawang putih terus beranjak turun selama bulan Ramadhan.

Menjelang bulan puasa lalu, harga bawang putih jenis honan dan kating di Pasar Kramat Jati masih mencapai Rp 70 ribu per kg, sementara saat ini bawang putih honan sudah turun harga menjadi Rp 18 ribu per kg dan kating turun menjadi Rp 40 ribu per kg.

“Harga bawang putih turun lagi. Dulu Rp 70 ribu, honan sekarang Rp 18 ribu per kg di Pasar Kramat Jati. Kating di tingkat eceran sudah Rp 40 ribu per kg,” kata Enggar di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Enggar memastikan bahwa menjelang lebaran 2017 ini harga bawang putih akan terus mengalami penurunan harga, Enggar menargetkan bawang putih kating hingga menyentuh harga Rp 30 – 35 ribu per kg.

“Jadi kita banjiri saja. Karena sekarang tidak bisa didikte lagi pasar lantaran tidak dipegang satu kelompok dengan pangsa pasar 60 persen-70 persen,” jelasnya.

Selain itu, pada bulan Ramadhan 2017 ini pemerintah lebih ketat lagi dalam melakukan pengawasan para pelaku usaha demi mengantisipasi ulah mafia pangan yang kerap memainkan harga komoditas saat bulan puasa dan menjelang lebaran.

“Pengendalian harga bulan puasa dan lebaran tahun ini pertama kalinya lah yang lebih bagus,” terangnya.