Published On: Jum, Agu 19th, 2016

Mengapa Manusia Tidak Bisa Ingat Memori Saat Masih Bayi?

Mengingat hari – hari spesial, tanggal pernikahan, ulang tahun teman atau keluarga, dan juga mengingat perayaan hari raya itu sangat mudah. Tapi kenapa kita tidak bisa mengingat memori ketika kita masih bayi?

Dilansir Scientific American, Selasa (16/8/2016), para ilmuwan dari seluruh belahan dunia telah menghabiskan waktu hampir satu dekade meneliti dan mengidentifikasi penyebab infantile amnesiaatau amnesia pada manusia di usia dini atau pada saat mereka masih bayi.

Seteah sekian dekade mereka meneliti hal tersebut, akhirnya mereka dapat menyimpulkan sesuatu tentang hal itu. Menurut segelintir dari mereka, keterbatasan pada bahasa, pengetahuan, persepsi akan diri sendiri, kesiapan mental itulah yang menjadi alasan utama otak belum siap merangkai kode-kode yang menjadi penopang terbentuknya memori akan suatu hal atau kejadian.

Walaupun terdengar sangat meyakinkan, pemikiran itu pun ditebas oleh dua ahli saraf yang bekerja di Sebuah Rumah Sakit anak-anak di Toronto, Kanada, Mereka adalah Paul Frankland dan Sheena Josselyn. Mereka berpendapat bahwa keterbatasan bahasa jadi alasan utama anak bayi tidak bisa mengingat tentang suatu hal dan kejadian tidaklah benar.

Menurut mereka, alasan yang lebih tepat adalah bertumbuh dengan pesatnya jumlah jaringan saraf di dalam otak bayi hingga mereka tumbuh dewasa. Itu yang menjadi penyebabnya.

Jumlah jaringan saraf yang tumbuh dengan cepat itu berpotensi untuk memblokir atau menghadang akses mereka untuk masuk ke dalam memori atau kenangan sebelumnya atau semasa kecil. Demikian pendapat mereka berdua.

Kalau menurut anda? rasanya setiap orang bebas mengeluarkan pendapat dari pemikirannya.